PENGGUNAAN SERTA MANFAAT BLOG BAGI INSTITUSI KEPERAWATAN

A.Latar Belakang
Perkembangan website didunia maya atau yang sering di kenal dengan internet semakin hari semakin canggih, segala hal dapat dilakukan, mulai dari belajar, chatting, mencari artikel, streaming video, sampai membuat blog. Hal yang paling banyak dibicarakan saat ini salah satunya adalah blog. Blog adalah kepanjangan dari webblog.
Istilah blog pertama kali diperkenalkan oleh Jorn Barger pada bulan Desember 1998, dan menggunakan weblog untuk memberikan nama kepada kelompok yang mempunyai website dan selalu meng-update website tersebut, dalam bentuk berita, link ke website lain, tutorial dan ilmu pengetahuan. Scott Rosenberg dalam kolomnya mengatakan bahwa blog berada pada batasan website yang lebih bernyawa daripada sekedar kumpulan link (majalah online Salon, May 1999). Roger Yim menuliskan bahwa sebuah Blog adalah persilangan antara catatan publikasi dan daftar link di Internet (kolumnis San Francisco Gate, artikel Februari 2001). Inti dari definisi blog itu sendiri adalah website yang memuat publikasi, opini kelompok atau personal yang merupakan aktualisasi yang ditulis dan disampaikan ke komunitas global.
Media blog yang pertama kali muncul dipopulerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh PyraLab sebelum akhirnya PyraLab diakuisi oleh Google.Com pada akhir tahun 2002. Semenjak itu banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat terbuka yang diperuntukkan untuk perkembangan blog. Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam; dari sebuah catatan harian hingga menaa media publikasi, sampai dengan program-program media, institusi-institusi dan perusahaan-perusahaan. Sebagian blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal, sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis. Banyak juga weblog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, seperti menggunakan buku tamu dan kolom komentar yang dapat memperkenankan para pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan yang dipublikasikan, namun demikian ada juga yang yang sebaliknya atau yang bersifat non-interaktif.
Blog saat ini telah menjadi salah satu budaya yang popular, data yang berhasil dihimpun google selaku search engine terbesar menyebutkan ada lebih 10 juta blog yang bisa ditemukan di internet dan angka itu masih bisa berkembang lagi ke tahun- tahun yang akan datang, karena saat ini ada banyak sekali software, tool, dan aplikasi internet yang telah disediakan untuk mempermudah penggunaan, memperindah serta terus melakukan pembaharuan tampilan blog pada saat ini.
Berdasarkan uraian singkat yang telah dijelaskan, keberadaan blog saat ini dan saat yang akan datang sangat penting dalam era internet sekarang ini. Sebagai media informasi dan publikasi yang akan menjadi bukti keeksistensian sebuah individu, kelompok, perusahaan, ataupun institusi secara global.

B.Jenis-jenis blog
Tumbuh suburnya blog dewasa ini berdampak kepada munculnya bermacam-macam jenis blog terkait dengan kebutuhan dan kemampuan individu atau kelompok untuk menghasilkan tulisan, iklan atau pun sebagai tempat publikasi yang menarik secara global. Jenis-jenis blog diantaranya;
1. Blog politik: blog yang berisikan tentang berita, politik, aktivis, dan semua persoalan berbasis blog (contohnya: kampanye).
2. Blog pribadi: disebut juga buku harian online yang berisikan tentang pengalaman keseharian seseorang, keluhan, puisi atau syair, gagasan jahat, dan perbincangan teman.
3. Blog bertopik: blog yang membahas tentang sesuatu, dan terfokus pada bahasan tertentu.
4. Blog kesehatan: blog khusus yang berisikan materi yang lebih spesifik mengenai kesehatan. Blog kesehatan kebanyakan berisi tentang kedokteran, keperawatan, keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, keterangan mengenai kesehatan.
5. Blog sastra: Lebih dikenal sebagai litblog (Literary blog).
6. Blog institusi: blog yang berisikan tentang informasi mengenai institusi, biasanya berisikan riwayat perjalanan mulai dari tahun berdiri, visi misi, fasilitas, prestasi, yang akan dipublikasikan secara global.
7. Blog perjalanan: blog yang berfokus kepada bahasan cerita perjalanan yang menceritakan keterangan-keterangan tentang perjalanan/traveling.
8. Blog riset: blog yang berisi tulisan tentang akademis, seperti berita riset terbaru.
9. Blog hukum: blog yang berisi persoalan tentang hukum atau urusan hukum; disebut juga dengan blawgs (Blog Laws).
10. Blog media: blog yang berfokus pada bahasan kebohongan atau ketidakkonsistensinan media massa; biasanya hanya untuk koran atau jaringan televisi
11. Blog agama: blog yang berfokus pada bahasan tentang agama
12. Blog pendidikan: blog yang biasanya ditulis oleh tenaga pengajar, mahasiswa atau pelajar.
13. Blog kebersamaan: blog yang berisi topik secara lebih spesifik, dan ditulis oleh kelompok tertentu.
14. Blog petunjuk (directory): merupakan blog yang berisi ratusan link halaman website.
15. Blog bisnis: blog yang digunakan oleh pegawai atau wirausahawan untuk kegiatan promosi bisnis yang digeluti.
16. Blog pengejawantahan: blog yang berfokus tentang objek diluar manusia; seperti alam, hewan, peternakan dan perkebunan.
17. Blog pengganggu (spam) : blog yang digunakan untuk promosi bisnis affiliate; juga dikenal sebagai splogs (Spam Blog)

C. Manfaat Dan Kegunaan Blog
Manfaat blog secara umum adalah: mempublikasikan, menampung atau menuangkan sesuatu, sesuai dengan tujuan inginkan, dan dalam segala bidang, baik berupa tulisan, photo, video. Hal ini tentu tidak bisa didapatkan di sarana konvensional, seperti buku. Berbagai macam manfaat dan kegunaan blog antar lain :
1. Bagi Perusahaan atau Institusi
a) Blog sebagai strategi marketing ; blog eksternal digunakan sebagai marketing channel dan public relation. Sedangkan blog internal digunakan untuk manajemen dan sharing ilmu pengetahuan.
b) Blog sebagai media informasi dan promosi
c) Tempat publikasi : tempat mempublikasikan baik informasi, promosi bagi sebuah perusahaan atau institusi secara global melalui internet.
d) Community building ; tempat membangun sebuah komunitas, pentingnya community building bagi perusahaan atau institusi untuk secara kontiniu berdiskusi dengan konsumen mengenai fitur dan fungsionalitas dari suatu produk.
e) Customer relations ; hubungan dengan konsumen, sebagai tempat untuk menanggapi pertanyaan dari konsumen secara langsung (on line). Hal ini yang dilakukan oleh QuickBooks Online.
f) Conferences & events ; banyak event dan konferensi diumumkan, diinformasikan dan juga ditutup (misalnya dengan menyebarkan materi / komentar / hasil) melalui blog. Baik yang permanen, maupun hanya sementara (misalnya event nya hanya sementara saja – time limited blog).
g) Adjunct to PR ; Dalam buku “The Fall of Advertising and the Rise of PR” dijelaskan pentingnya blog bagi public relation di era sekarang. Hal ini karena PR mengerti benar peranan penting blog di masa datang. Debbie dalam buku ini juga mengambil contoh bagaimana Google menggunakan blog sebagai alat kampanye PR mereka. Blog memberikan versi informal (sering juga disebut : backstory) dari sebuah pengumuman resmi corporate.
h) Branding ; Blog sendiri bisa menjadi suatu “brand” atau merk yang menjadi pelengkap brand utama sebuah institusi,. misalnya memiliki blog yang telah eksist dan dikenal, sehingga bisa ikut meningkatkan promosi.
i) Blog sebagai acuan ; sebagai pusat dari segala informasi yang hendak disampaikan ke publik. Mungkin untuk press release atau chaos control, blog bisa dijadikan media informasi resmi dari pihak perusahaan atau institusi kepada publik, termasuk wartawan, agar informasi tidak simpang siur.
2. Bagi penulis atau pelajar
a) Blog menjadi sarana publikasi tulisan yang termudah sekaligus strategis
b) Tulisan di blog mudah sekali dikomentari dan feedback ini banyak manfaatnya.
c) Blog bisa menjadi alat penumbuh kebiasaan dan keteraturan menulis.
d) Menulis di blog secara rutin juga berdampak pada kemampuan dalam menuangkan gagasan
e) Blog bisa menjadi ajang ekspresi dan sebagai tempat untuk menabung tulisan
f) Blog bisa berfungsi sebagai media personal branding.
g) Blog bisa menjadi ajang unjuk ide, pikiran, karya, tulisan, serta pencitraan.
h) Memunculkan semangat yang prestatif
i) Menjalin dan memperbanyak relasi, teman dan persahabatan
j) Produktivitas menulis
k) Lebih kreatif/ ekspresif/ inspiratif/ motivatif
l) Menambah berbagai wawasan
3. Bagi tenaga pengajar/guru
a) Isi yang dikandung bisa luas menyangkut banyak hal mengenai pengajaran
b) Bisa dijadikan ajang belajar menulis untuk menuangkan ide
c) Bukti portofolio seorang tenaga pengajar terkait profesionalitasnya
d) Relatif lebih hemat biaya
e) Menembus ruang
f) Pengembangan proses pembelajaran yang bervariatif
g) Mengembangkan jaringan lebih luas antar tenaga pengajar/guru secara global

4. Bagi institusi keperawatan
a) Blog sebagai media informasi dan publikasi yang akan menjadi bukti keeksistensian atau keberadaan institusi secara global.
b) Blog digunakan sebagai informasi dan publikasi berisikan history ; mulai dari tahun berdiri, visi misi dan tujuan, fasilitas, prestasi, mahasiswa, tenaga pengajar, dan beragam informasi lain yang akan dipublikasikan secara global.
c) Blog digunakan sebagai media komunikasi antara pengajar dan mahasiswa dalam berinteraksi yang berhubungan dengan materi perkuliahan melalui internet.
d) Blog sebagai tempat wadah link download (mengunduh data atau dokumen melalui internet) bagi mahasiswa yang mengakses ke situs blog, yang berisikan mengenai materi-materi yang berhubungan dengan perkuliahan, seperti asuhan keperawatan; baik berupa file atau dokumen berbentuk words, powerpoint, excel, PDF, audio, flash dan video.
e) Blog sebagai link (tautan) sebuah institusi dengan institusi lain yang juga memiliki blog.
h) Blog sebagai tempat aktualisasi diri tenaga pengajar dalam menulis, atau sebagai bukti portofolio seorang tenaga pengajar terkait profesionalitasnya yang dipublikasikan melalui blog.
f) Blog sebagai media informasi dan komunikasi bagi alumni, yang diharapkan bisa membina hubungan dan komunikasi yang berkesinambungan untuk saling memberi informasi.

D. Maksud Dan Tujuan
Maksud dan tujuan pembuatan blog adalah sebagai media informasi dan publikasi yang akan menjadi bukti keeksistensian institusi secara global, yang berisikan mengenai informasi berupa; history (mulai dari tahun berdiri), visi misi dan tujuan, fasilitas, prestasi, mahasiswa, tenaga pengajar, dan beragam informasi lain yang dipublikasikan secara global. Sebagai media komunikasi antara pengajar dan mahasiswa dalam berinteraksi yang berhubungan dengan materi perkuliahan melalui internet.
Sebagai wadah link download bagi mahasiswa yang mengakses ke situs blog, mengenai materi-materi yang berhubungan dengan perkuliahan, seperti asuhan keperawatan; berupa file berbentuk words, powerpoint, excel, PDF, audio, flash dan video, sebagai link (tautan) antar institusi yang memiliki blog, sebagai tempat aktualisasi diri tenaga pengajar dalam menulis, atau sebagai bukti portofolio seorang tenaga pengajar terkait profesionalitasnya yang dipublikasikan melalui blog, dan sebagai media informasi dan komunikasi bagi alumni.

E. Sasaran/Ruang Lingkup
Blog dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh institusi untuk mempublikasikan informasi yang ingin disampaikan secara global, dapat dimanfaatkan oleh tenaga pengajar sebagai wadah memberi informasi berupa tulisan yang menyangkut banyak hal mengenai materi perkuliahan atau pengajaran yang bertujuan untuk pengembangan proses pembelajaran yang bervariatif, bagi mahasiswa diharapkan dapat memanfaatkan blog sebagai rujukan untuk mencari informasi baik berupa materi perkuliahan atau download materi perkuliahan yang berupa file-file telah tersedia.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: